Search This Blog

Tuesday 25 October 2011

Bahasa Indonesia (Penalaran, Metode Ilmiah, Karya Ilmiah, Sikap Mahasiswa)

Artiket ini ditulis guna menyelesaikan tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2

1. Jelaskan Pengertian Penalaran, sebutkan macan-macamnya, serta jelaskan penerapannya!

Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.
Ada dua jenis metode dalam menalar yaitu deduktif dan induktif.
  • Penalaran Deduktif adalah proses penalaran untuk manarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku khusus berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat umum.
  • Penalaran Indiktif adalah proses penalaran untuk manarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan fakta – fakta yang bersifat khusus.
2. Jelaskan Langkah- langkah dalam metode Ilmiah !
  1. Tentukan judul :  Judul dinyatakan secara singkat
  2. Merumuskan masalah : Konseptualisasi masalah penelitian, sehingga jelas rumusan masalahnya, jelas ruang lingkupnya, dan jelas batasan konsep dan batasan operasionalnya.
  3. Merumuskan hipotesa : Berpikir rasional dalam mengkaji teori, postulat, yang berkenaan dengan masalah penelitian, untuk mengajukan hipotesis penelitian (H1).
  4. Verifikasi data untuk menguji hipotesa :
  •  i. Pengumpulan data di lapangan untuk keperluan pemecahan masalah penelitian.
  • ii. Analisis data dan menguji hipotesis
5. Menarik kesimpulan : Kesimpulan penelitian yakni menerima atau menolak hipotesis penelitian


3. Jelaskan perbedaan Karya ilmiah, Karya ilmiah populer, serta Karya non ilmiah !

Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Karya ilmiah populer adalah ilmiah yang disajikan dengan tampilan format dan bahasa yang enak dibaca dan dipahami, fakta yang disajikan harus tetap objektif dan dijiwai dengan kebenaran dan metode berfikir keilmuan

Karya non ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal ).

4. Jelaskan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh mahasiswa !

Kritis : biasanya menunjukan siapa kita sebenarnya, karena apa yang kita lakuakan secara spontan itu, tidak kita pikirkan terlebih dahulu. Kita dapat melihat kecerdasan, attitude, bahkan hati seseorang.

Kreatif :  Mahasiswa punya banyak cara untuk mengekspresikan dirinya pada hal yang positif

Sistematis : proses yang digunakan mahasiswa dalam memecahkan masalah menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis

Sikap ingin tahu : Rasa ingin tahu yang tinggi dapat membuat seorang mahasiswa ingin mencari tahu sesuatu yang baru.

Sikap terbuka : keterbukaan perlu diterapkan pada diri seorang mahasiswa, sebab dengan sikap yang terbuka kita dapat berfikir pandang yang luas

No comments:

Post a Comment